Penanganan Terbaik untuk Meredakan Eksim Pada Bayi


Eksim merujuk pada kelainan kulit yang meradang dan mengalami iritasi. Eksim pada bayi kerap menyerang bagian wajah, tangan, dan kaki. Jenisnya ada dua yaitu eksim basah dan eksim kering yang sama-sama berbentuk ruam merah. Sangat tidak dianjurkan untuk menggaruk terutama eksim basah karena mengakibatkan cairan di dalamnya pecah sehingga menambah luka.

Penanganan Terbaik untuk Meredakan Eksim Pada Bayi

Pencegahan dan Penanganan Eksim Bayi
Ø Minyak kelapa
Salah satu pertolongan pertama adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil. Bila perlu, tambahkan juga perasan lemon sedikit saja agar tidak menimbulkan rasa perih. Manfaat mengoleskan campuran minyak kelapa dan lemon pada bagian yang terkena eksim dapat mengurangi rasa gatal. Agar bekerja secara optimal, setelah dioleskan kemudian biarkan semalaman.

Ø Lidah buaya
Tidak perlu meragukan lidah buaya karena sudah terkenal efektif mengatasi penyakit kulit termasuk eksim baik jenis basah maupun kering. Caranya pun sangat mudah, cukup potong lidah buaya kemudian bersihkan menggunakan air, setelah itu oleskan daging lidah buaya pada permukaan eksim secara pelan. Sensasi dingin lidah buaya akan meredam rasa panas dan gatal.

Ø Kunyit
Bumbu dapur yang satu ini memang kaya akan anti oksidan dan anti inflamasi sehingga cocok sebagai obat alami untuk eksim. Cara pengolahannya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit secukupnya ke dalam cairan susu murni. Setelah diaduk merata, lalu oleskan pada eksim secara perlahan. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya oleskan dua kali dalam sehari.

Ø Gunakan produk hypoallergenic
Salah satu pemicu munculnya eksim adalah kondisi kulit bayi yang masih sensitif sehingga rentan terhadap serangan luar. Agar memberikan proteksi lebih pada kulit bayi, sebaiknya gunakan produk yang hypoallergenic yaitu produk yang tidak bersifat alergik. Sebagai contoh, pilihlah sabun yang tidak mengandung aroma tertentu karena dikhawatirkan kulit bayi akan bereaksi terhadap kandungannya.

Ø Gunakan deterjen bebas wewangian
Menghindarkan bayi dari bahan-bahan yang memicu iritasi sangat wajib dilakukan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan deterjen dan pemutih baju bebas pewarna maupun wewangian yang biasanya mengandung banyak bahan kimia. Dengan begitu, pakaian yang dikenakan bayi tidak terkena bahan-bahan yang bersifat alergik sehingga kulit bayi dapat terlindungi dari resiko alergi dan iritasi.

Ø Pertahankan kelembaban kulit bayi
Kondisi kulit bayi memang belum memiliki kadar kelembaban alami yang cukup sehingga membutuhkan perawatan ekstra. Apabila kulit bayi tidak dirawat dan cenderung kering maka dapat memicu eksim. Solusinya adalah dengan rajin mengoleskan krim dan cairan pelembab yang alami atau produk yang dijual di toko secara rutin. Dengan begitu, resiko terkena eksim dapat diminimalisir.

Eksim akan sangat mengganggu karena menimbulkan gejala ruam merah yang terasa panas dan gatal. Pada kasus tertentu, eksim bahkan dapat menyebabkan demam. Oleh sebab itu, perlu melakukan pertolongan pertama untuk meredakan gatal dan mengatasi peradangan yang timbul apabila belum sempat ke dokter. Pencegahan pun perlu dilakukan dengan merawat kulit bayi secara rutin.
0 Komentar untuk "Penanganan Terbaik untuk Meredakan Eksim Pada Bayi"

Back To Top