Penyebab Umum Infeksi Cacing Tambang, Yuk Ketahui!


Infeksi cacing tambang merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit dari jenis cacing tambang yang berada dalam usus kecil. Jenis cacing tambang tersebut ada dua, yaitu ancylostoma duodenale serta necator americanus. Keduanya adalah jenis cacing yang memang menyerang manusia, dan sayangnya, lebih banyak menginfeksi pada negara yang beriklim lembab seperti negara Indonesia dan Afrika.

Penyebab Umum Infeksi Cacing Tambang, Yuk Ketahui!

Penyebab

Penyebab umum infeksi cacing tambang menurut alodokter.com, adalah telur cacing yang biasanya hidup pada tanah yang sudah terkontaminasi oleh kotoran. Telur-telur cacing itu akan menetas dalam 1 sampai 2 hari, kemudian akan melepaskan larva cacing ke permukaan tanah yang sudah terkontaminasi tersebut. Pertumbuhan larva untuk menjadi filarifom dalam 5 sampai 10 hari, dan sudah dapat menempel pada permukaan kulit manusia.

Orang yang bisa terinfeksi oleh cacing tambang ini adalah orang yang bersentuhan langsung dengan larva dari cacing tersebut, atau menginjak tempat di mana larva berkembang biak. Seperti contohnya adalah orang yang sering berjalan tanpa mengenakan alas kaki, bisa juga seperti anak-anak yang sering bermain tanah dengan tangan dan kaki tanpa penutup.

Selain itu, cacing tambang pun bisa masuk ke dalam perut manusia melalui makanan-makanan yang dikonsumsi. Yaitu dari makanan mentah ataupun makanan yang kurang bersih saat dicuci, padahal sudah terkontaminasi telur-telur cacing. Maka dari itu, selain harus mencuci makanan yang hendak dikonsumsi dengan bersih, kamu pun harus memasak makanan tersebut sampai matang.

Ketika larva cacing tambang masuk ke dalam tubuh, awalnya melalui makanan yang masuk ke dalam mulut, kemudian terbawa alirang darah menuju tenggorokan, tenggorokan, menuju jantung, paru-paru, terakhir akan berkembang dan tumbuh dalam usus kecil manusia. Cacing tambah itu akan menempel pada dinding usus kecil dan akan mengganggu kesehatan.

Penyebab umum infeksi cacing tambang, berasal dari siklus hidup cacing tambang tersebut. Yang setelah menempel pada usus kecil, akan terus hidup yang kemudian berkembang biak lalu keluar dari dalam tubuh manusia melalui kotoran. Telur-telur dari cacing tambang ini akan kembali menetas pada tanah yang sudah terkontaminasi oleh kotoran ini dan siklus hidup dari cacing tambang akan terus berlanjut seperti itu.

Gejala

Manusia yang terinfeksi cacing tambang akan mengalami beberapa gejala seperti alergi yang berupa rasa gatal dan munculnya ruam. Perut yang terasa sakit, mual-mual, dan kram pada usus. Tubuh penderita akan merasakan demam juga nafsu makan yang menurun. Penderita mengalami diare yang disertai dengan darah pada kotorannya. Batuk-batuk serta sistem pernapasan yang terganggu, juga berat tubuh yang mendadak menurun.

Pengobatan

Agar mengetahui apakah pasien menderita infeksi cacing tambang, akan diminta sampel kotoran dari pasien tersebut yang akan dicek melalui laboratorium. Hasil untuk pemeriksaan kotoran di dalam laboratorium, dokter akan memeriksa apakah terdapat telur cacing di dalamnya atau tidak. Untuk mengetahui seberapa tingkat keparahan dari infeksi ini pada tubuh pasien, dokter melihatnya dari seberapa banyak telur cacing yang terdapat pada kotoran pasien.

Secara umum, orang yang terkena penyebab umum infeksi cacing tambang akan bisa diobati hanya dengan memakai obat anti cacing yang disebut dengan anthelmintik. Contoh untuk obat-obatannya ialah mebendazole atau albendazole. Jika kamu memeriksakan diri ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep obat dengan jenis obat tersebut yang bisa dikonsumsi untuk satu sampai tiga hari.

Cara kerja dari obat tersebut adalah dengan melakukan pencegahan untuk penyerapa glukosa yang berasal dari cacing, maka hal ini membuat energi cacing menjadi habis yang mengakibatkan kematian pada cacing.

Itulah ulasan mengenai penyebab umum infeksi cacing tambang yang bisa kamu ketahui.
0 Komentar untuk "Penyebab Umum Infeksi Cacing Tambang, Yuk Ketahui!"

Back To Top